Skip to main content
Berita KegiatanPencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

Sosialisasi P4GN Pada Kegiatan Posyandu di Kelurahan Brangbiji

Dibaca: 7 Oleh 11 Jan 2023Tidak ada komentar
Sosialisasi P4GN Pada Kegiatan Posyandu di Kelurahan Brangbiji

Sebagai wujud kepedulian bersama, BNN Kabupaten Sumbawa hadir pada kegiatan Posyandu Ananda di Kelurahan Brangbiji, Rabu (11/01/2023). Dihadiri oleh 15 peserta yang terdiri dari ibu-ibu dan lansia, BNNK Sumbawa menggelar sosialisasi P4GN untuk memberikan pemahaman terkait dengan dampak dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan ini merupakan langkah preventif guna menekan terjadinya penyalahgunaan narkoba yang berfokus pada lingkup keluarga. Selain itu, dengan diberikannya pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba ini, diharapkan akan menjadi bekal bagi ibu-ibu untuk menjaga dan mengawasi putra-putrinya dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan dibuka oleh Penyuluh Narkoba BNNK Sumbawa, Mayang Sylvi Kurnia, S.K.M. yang selanjutnya menyampaikan materi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan anak. Dijelaskan juga mengenai pola asuh orang tua dalam mendidik dan mengawasi anak dalam pergaulan, dengan harapan para orang tua mampu untuk melindungi anak-anaknya dari pengaruh buruk di lingkungan pergaulannya.

Kemudian acara dilanjutkan oleh narasumber Perawat Klinik Pratama BNNK Sumbawa, Harmansa Purnanda Utama, A. Md. Kep. yang menjelaskan mengenai alur rehabilitasi bagi penyalahguna dan pecandu narkoba. Selanjutnya dijelaskan juga kasus penyalahgunaan narkoba berdasarkan data dari Klinik Pratama BNNK Sumbawa. Pada penjelasannya, disampaikan bahwa terkait dengan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sumbawa sudah menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Bahkan yang menjadi sasaran bukan hanya orang dewasa saja, remaja bahkan anak-anak usia sekolah sudah rentan untuk menjadi target korban penyalahgunaan. Maka dari itu, BNNK Sumbawa menghimbau kepada ibu-ibu yang hadir pada kegiatan Posyandu agar selalu menjaga dan mengawasi anak-anaknya.

Pada akhir kegiatan, dibuka sesi diskusi antara narasumber dengan peserta yang hadir. Pesan dan harapan dari BNN Kabupaten Sumbawa kepada para peserta kegiatan, bahwa masyarakat terutama ibu-ibu yang memiliki anak usia sekolah harus mulai menjaga dan meluangkan waktu bermain dengan anak. Agar kedepannya, anak-anak tidak mencari pelarian dan bergaul dengan lingkungan yang salah. Karena keluarga merupakan tempat berlindung dan bernaung serta merupakan pendidikan pertama yang didapatkan oleh anak-anak, sudah semestinya orang tua harus mampu memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak. Dengan dilaksanakannya Sosialisasi P4GN pada kegiatan Posyandu ini, semoga mampu menjauhkan keluarga serta generasi di Indonesia dari penyalahgunaan narkoba.

Sosialisasi P4GN Pada Kegiatan Posyandu di Kelurahan Brangbiji

Sosialisasi P4GN Pada Kegiatan Posyandu di Kelurahan Brangbiji

Terkait

Kirim Tanggapan