Skip to main content
Berita Kegiatan

Selamatkan Pelajar dari Penyalahgunaan Narkoba, Sosialisasi P4GN di SMPN 1 Sumbawa

Dibaca: 5 Oleh 08 Jan 2020Desember 1st, 2020Tidak ada komentar
Selamatkan Pelajar dari Penyalahgunaan Narkoba, Sosialisasi P4GN di SMPN 1 Sumbawa

Sebagai upaya mencegah masuknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba bagi pelajar di seluruh Indonesia. Sekolah yang merupakan wadah bagi terdidiknya generasi bangsa harus membekali pengetahuan dan informasi terkait bahaya penyalahgunaan narkoba bagi siswa-siswinya. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa narkoba merupakan ancaman serius bagi rusaknya generasi suatu bangsa. Dan hal tersebut perlu menjadi perhatian bersama agar  masa depan bangsa bisa terselamatkan.

Menyadari hal tersebut, SMPN 1 Sumbawa mengundang BNN Kabupaten Sumbawa untuk memberikan pemahaman terkait P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) bagi seluruh siswa-siswi di SMPN 1 Sumbawa. Acara yang dilaksanakan di lapangan SMPN 1 Sumbawa pada hari Selasa (07/01/2020) tersebut diikuti oleh 810 peserta yang terdiri dari siswa-siswi dan guru SMPN 1 Sumbawa.

Acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Sumbawa Arahman Semba, S.Pd dengan memberikan apresasi kepada Kepala BNNK Sumbawa yang telah hadir pada kesempatan tersebut. Dalam sambutannya, beliau menghimbau dan memberikan arahan kepada seluruh siswa-siswi agar mendengarkan dengan baik apa yang disampaikan oleh narasumber dari BNN Kabupaten Sumbawa dan berharap kedepannya SMPN 1 Sumbawa menjadi sekolah yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Selamatkan Pelajar dari Penyalahgunaan Narkoba, Sosialisasi P4GN di SMPN 1 Sumbawa

Selanjutnya Kepala BNN Kabupaten Sumbawa, Fery Priyanto, S.Sos., M.M. selaku narasumber menyampaikan materi terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) bagi pelajar di SMPN 1 Sumbawa. Beliau menjelaskan pengertian narkoba serta jenis-jenis obat maupun zat yang termasuk kategori narkoba, dijelaskan bahwa jenis dan macam narkoba yang sudah teridentifikasi di seluruh dunia berjumlah kurang lebih 800 jenis. Lalu dijelaskan pula dampak penyalahgunaan narkoba, dampak yang timbul akibat penyalahgunaan narkoba sangatlah luar biasa, bahkan jika tidak ada penanggulangan bagi penyalahgunaan narkoba, bisa rusak generasi negara ini. Kemudian langkah-langkah dan upaya BNN Kabupaten Sumbawa dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sumbawa, selama ini BNN Kabupaten Sumbawa gencar untuk melaksanakan sosialisasi baik di desa-desa maupun di sekolah-sekolah, agar masyarakat Sumbawa bisa immune terhadap penyalahgunaan narkoba. Selain itu BNN Kabupaten Sumbawa selalu mengajak masyarakat yang sudah melakukan penyalahgunaan narkoba agar mau untuk direhabilitasi. Terakhir, Kepala BNNK Sumbawa berharap agar SMPN 1 Sumbawa segera melaksanakan MoU dengan BNNK Sumbawa agar bersama-sama mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya di lingkungan sekolah.

Terkait

Kirim Tanggapan