Skip to main content
Berita KegiatanPencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

Upaya Deteksi Dini, BNI Cabang Sumbawa Lakukan Test Urine Narkoba Bagi Pegawainya

Dibaca: 4 Oleh 18 Jul 2020Desember 1st, 2020Tidak ada komentar
Upaya Deteksi Dini, BNI Cabang Sumbawa Lakukan Test Urine Narkoba Bagi Pegawainya

Dengan telah diterbitkannya Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN, mewajibkan bagi seluruh lembaga pemerintah untuk melakukan aksi P4GN di lingkungan kerjanya. Hal ini berarti bahwa upaya P4GN harus terus dilakukan disetiap kegiatan yang dilakukan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaa narkoba.

Pada hari Sabtu (18/07/2020), BNI Cabang Sumbawa bersama dengan BNNK Sumbawa melaksanakan kegiatan test urine. Kegiatan ini diikuti oleh 29 pegawai di lingkungan BNI Cabang Sumbawa sebagai upaya deteksi dini penyalahgunaan narkoba. Kegiatan ini juga  sebagai bentuk implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 serta untuk mengetahui apakah dari pegawai BNI Cabang Sumbawa ada yang terindikasi menyalahgunakan narkoba. Jadi jika ada yang positif menyalahgunakan narkoba, maka akan direkomendasikan untuk rehabilitasi di BNN Kabupaten Sumbawa atau Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) dalam hal ini RSMA atau RSUD Kabupaten Sumbawa.

Agar tercipta SDM yang berkualitas, perlu dilakukannya pemeriksaan urine penyalahgunaan narkoba secara berkala bagi setiap pegawai maupun karyawan baik di lembaga pemerintah maupun swasta. Dengan diterbitkannya Inpres Nomor 2 Tahun 2020 dapat disimpulkan bahwa Presiden RI serius untuk memerangi penyalahgunaan narkoba yang dimulai dari lembaga pemerintah, baik dari tingkat pusat, provinsi, maupun daerah. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi setiap instansi untuk melakukan upaya P4GN baik melakukan test urine narkoba secara mandiri, sosialisasi P4GN di lingkungan kerjanya, maupun membentuk Satgas Anti Narkoba.

Untuk melakukan pencegahan narkoba syarat yang paling penting adalah peduli, baik peduli terhadap diri sendiri maupun orang disekitar kita. Upaya P4GN tentu juga sangat dibutuhkan kerjasama dari semua pihak dan kesadaran dari diri sendiri. Karena jika masyarakat sudah memiliki daya tolak untuk tidak menyalahgunakan narkoba, maka peredaran narkoba tentu juga akan berkurang. Jadi mari bersama-sama saling menjaga diri, keluarga, dan lingkungan dari penyalahgunaan narkoba.

Terkait

Kirim Tanggapan